TNI AU Tarik Lima Pesawat F-16 dari Australia

TNI AU Tarik Lima Pesawat F-16 dari Australia

  • Penulis :
  • Laksono Hari Wiwoho
  • Sabtu, 23 November 2013 | 10:02 WIB

MAGETAN, KOMPAS.com —Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) menarik lima pesawat tempur F-16 dari pelatihan gabungan Elang Ausindo di Australia. Penarikan itu merupakan reaksi Indonesia atas penyadapan Pemerintah Australia terhadap telepon sejumlah pejabat Indonesia.

Komandan Wing III Lanud Iswahyudi Magetan Kolonel Penerbang Minggit Prabowo mengatakan, kelima pesawat itu sudah tiba di Pangkalan Udara Iswahyudi Magetan, Jawa Timur, Jumat (22/11/2013) siang.

“Penarikan tersebut sebagai salah satu kebijakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pascapenyadapan intelijen Australia terhadap sejumlah pejabat negara, termasuk Presiden dan Ibu Negara,” katanya sebagaimana dikutip Antara.

Elang Ausindo di Australia seharusnya berlangsung hingga 24 November 2013. Pemerintah Indonesia juga menarik 60 personel TNI AU yang mengikuti pelatihan gabungan tersebut. Para personel tiba di Lanud Iswahyudi Magetan dengan pesawat Hercules.

Minggit Prabowo menambahkan, pesawat tempur F-16 yang ditarik dari Australia akan dioperasikan untuk tugas pengamanan negara. Pesawat akan difokuskan untuk patroli pengamanan.

 

sumber ;; http://nasional.kompas.com/read/2013/11/23/1002146/TNI.AU.Tarik.Lima.Pesawat.F-16.dari.Australia

Leave a comment